1

Pembunuh Facebook telah disiapkan Google

Ditulis tanggal 27 October 2010 didalam kategori Catatan dengan tag Aplikasi, Facebook, google, Website oleh Bambang Sugiarto

Google dirumorkan akan meluncurkan layanan pembunuh Facebook. Rumor itu didapat dari update singkat Twitter pendiri Digg, Kevin Rose. Menurut Rose, layanan baru ini akan disebut “Google Me” dan dalam beberapa hal akan menawarkan fungsi sosial yang bisa menyaingi Facebook. Jika benar, ini bukan pertama kali Google meluncurkan layanan profil tinggi Web 2.0. Sebelumnya perusahan itu memiliki Google Buzz.

Google ME 2

Masih belum jelas seberapa banyak tanda Buzz telah dibuat menyangkut jumlah penggunanya, namun menurut ReadWriteWeb, 90 % semua konten yang diterbitkan di Buzz hanya pengulangan otomatis dari yang ada di akun Twitter atau RSS feed. Jadi apa, akankah rancangan Google Me akan berhasil? Sejauh ini rincian hanyalah spekulasi semata. Namun demikian, tampak Google Me bisa berjalan sebagai upgrade ke layanan Google Profil, yang hampir seperti sebuah halaman profil biografi mini.

Namun, tidak jelas bagaimana pemberi informasi Google yakni Buzz, Wave, dan Orkut akan mengikat dalam gambaran besar. “Karena akun Google dibutuhkan untuk menggunakan Orkut, dan akun Gmail diperlukan untuk Buzz, kita bisa berasumsi bahwa kita melihat sekitar 200 juta pengguna layanan dari gabungan dua hal ini,” tulis Brad McCarty dari The Next Web. “Itu tidak akan sulit bagi Google tidak hanya jadi duri, tapi benar-benar datang mengetuk dengan keras di pintu Facebook,” tambahnya.

Berpengalaman lebih dari 11 tahun dalam bidang IT serta terlibat dalam beberapa training dan proyek IT di beberapa perusahaan, institusi pendidikan, dan institusi pemerintahan, seperti: Indofarma Tbk, Telkom Divre I Medan, Rumah Sakit Haji Pondok Gede Jakarta, TRAC (Toyota Astra Rent A Car) Jakarta, DEKOPIN (Dewan Koperasi Indonesia), SETWAPRES (Sekretariat Wakil Presiden) Republik Indonesia, IBM ASMI, dan masih banyak lagi.

Bambang Sugiarto Lihat semua catatan Bambang Sugiarto
Website Bambang | Twitter | Facebook | LinkedIn

Related Articles

Satu Komentar sejauh ini.

  1. tas wanita says:

    google ini memang selalu ingin menang sendiri, kalo bisa semuanya dikuasai…. tipikal kapitalis sejati, jika ada layanan internet yang maju ingin langsung di habisi…