9

Tips Cara Membuka Situs Website Yang Diblokir di Indonesia

Ditulis tanggal 25 October 2010 didalam kategori Catatan dengan tag google, Tips, trik, Website oleh Hermawan

Membuka website yang diblokirSebelum bulan puasa kemarin kita dihebohkan dengan berita bahwa akan ada pemblokiran situs website selama bulan puasa. dan saat itu Mentri Komunikasi dan Informatika menyombongkan diri telah memblokir lebih dari 80% situs website yang dianggapnya tidak layak diakses.

Sampai ada ancaman sanksi bagi Internet Service Provider (ISP) di Indonesia yang tidak melakukan pemblokiran tersebut. Namun bagi saya semua itu hanyalah omong kosong dan pemborosan biaya dengan hasil yang sangat kecil. Bagi mereka yang awam tentang internet tentu pemblokiran ini berlaku. Namun bagi yang sudah lama terjun di dunia maya hal ini tidak berarti apa-apa.

Pemblokiran yang dilakukan saat ini hanya sebatas filter IP per IP. Maksudnya, IP ISP anda memblokir IP website yang tidak layak akses tersebut. Artinya anda bisa mengakses situs website yang diblokir dengan menggunakan IP yang berbeda. Bagaimana caranya? yaitu dengan mengganti IP DNS pada koneksi komputer anda.

Berikut ini adalah tips cara membuka situs website yang diblokir oleh ISP di Indonesia:

  • Buka Control Panel lalu buka Network Connections:

network connections

  • Klik kanan pada koneksi yang ingin anda gunakan lalu klik Properties.

LAN properties

  • Pilih Internet Protocol (TCP/IP) lalu klik Properties.

DNS

  • Pilih Use The Following DNS Server Addresses dan isi Preferred DNS Server dengan 8.8.8.8 lalu isi Alternate DNS Server dengan 8.8.4.4

Cara menjebol website yang diblokir di atas adalah dengan cara menggunakan DNS milik Google. Jadi kalau ISP di Indonesia mau memblokir situs tak layak akses tersebut mau tak mau juga harus memblokir Google. Suatu hal yang tidak mungkin. :D
Sebenarnya ada banyak DNS yang bisa digunakan, yaitu menggunakan layanan OpenDNS dan DNS milik ISP kalian masing-masing, tapi kestabilannya tidak terjamin. Tetapi kalu Google? sampe saat ini belum ada tandingannya.

NB: Untuk pihak manapun yang berkepentingan melakukan pemblokiran website di Indonesia, saya minta maaf karena telah membocorkan cara ini. Tapi jadikanlah ini pelajaran agar tidak omong kosong. Cara yang kalian gunakan sudah sangat tertinggal jauh dari teknologi saat ini. Teruslah belajar dan gunakan teknologi yang lebih baik. :D

Orang biasa memangil saya dengan sebutan wawan. Lahir di kota Temanggung, 4 Oktober 1987. Setelah lulus dari Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK / STM ) pada tahun 2005, Saya melanjutkan sekolah di Perguruan Tinggi Swasta – jurusan Teknik Informatika di jakarta. Saat ini saya aktif mengurus blog, sebagai web developer, dan sedikit belajar mengenai internet marketing.

Hermawan Lihat semua catatan Hermawan
Website Hermawan | Twitter | Facebook

Related Articles

9 Komentar sejauh ini.

  1. starya says:

    yang praktis bisa pakai proxy bro, banyak kok yang gratisan, kalo favorit gw biasa pake http://hopnet.in/

    • Yep.. betul banget.. webproxy juga bisa membantu, apalagi sekarang banyak banget web proxy yang bisa dipake.. cuma sedikit kelemahannya, untuk website-website yang “full” javascript kaya facebook kadang-kadang suka macet/error.. :)

    • Anti bokep says:

      Ga bisa,gmna caranya tu.??

  2. dheny says:

    terima kasih informasinya, tapi apa cara ini juga bisa digunakan kalau menggunakan koneksi broadband via usb modem ?

  3. Adi says:

    TOP SiP……

  4. lasino says:

    makasih mas infonya, laptop saya menggunakan windows 7 dan office-nya windows 2010, tapi kenapa ya kalau internetan selain loadingnya lelet, jika membuka situs tertentu sering kena blokiran, dan untuk melaksanakan tips yang mas berikan belum bisa, maklum saya katrok sih

  5. yudi says:

    thx gan, IP ane diblokir ama situs ane sendiri hehehe.. knp bisa keblokir gitu ya..???? jawab di email ane aja gan, thx

  6. computer triks says:

    mantap banget sop.. nice info :D

  7. mandar says:

    gagal mas bro,,