6

Bagaimana Desain dan Membangun Mobile Website

Ditulis tanggal 11 February 2015 didalam kategori Web Design dengan tag desain web, jakarta, mobile, web design, Website, Website Design oleh Bambang Sugiarto

Tahukah Anda bahwa di dunia saat ini terdapat lebih dari 5,9 miliar pengguna ponsel, dan seribu lebih bertambah setiap menit!

Sekitar 20% dari pemilik ponsel (lebih dari 1,2 miliar dan terus berkembang) telah melihat-lihat Internet melalui ponsel mereka. Inilah alasan mengapa menjelajah Web mobile diperkirakan akan menjadi platform dominan internet berikutnya.

Banyak perusahaan telah melihat bagaimana menjanjikannya platform mobile dan telah melengkapinya dengan situs web mobile. Sebuah situs web mobile saat ini bukan hanya sebuah trend. Hal ini diperkirakan bahwa situs mobile di masa depan akan terbukti menjadi suatu keharusan, bahkan standar Internet yang baru. Saat ini, ada jutaan pengguna ponsel WAP yang menjelajah Internet. Tapi, ada yang sangat disayangkan ketika ternyata jumlah situs Web mobile yang berfokus pada konsumen yang benar-benar memuat dengan baik tampilan situs sesuai perangkat mobile yang digunakan ternyata sangat kecil.

Hal ini karena ada prosedur khusus dalam merancang sebuah situs web mobile. Artikel berikut ini dimaksudkan untuk membantu Anda mengenal sedikit bagaimana merancang dan membangun sebuah situs web mobile.

Situs Pengguna Handphone

Langkah pertama untuk membuat situs web mobile yang sukses adalah pemahaman dalam melihat situs Anda. Pengguna situs mobile biasanya sibuk melakukan kegiatan lain seperti mengantri, berkendara, atau menghabiskan waktu dengan teman-teman. Fokus utama mereka belum tentu website Anda sehingga informasi harus cepat dan mudah untuk diakses.

Perbedaan utama antara pengguna ponsel dan desktop adalah pengguna ponsel menjelajah internet di situasi “on-the-go”, di mana pengguna desktop di lingkungan tetap (diam) dan dapat diprediksi.

Prinsip Dasar Desain Mobile Website

Pertama, Anda harus tahu bahwa desain dan konstruksi situs web umumnya digunakan untuk browser komputer, dan tidak kompatibel dengan perangkat mobile. Agar situs Anda bekerja dengan baik pada handset mobile, maka harus mengikuti pedoman desain aksesibilitas untuk membangun Website mobile yang ditetapkan oleh W3C (World Wide Web Consortium).

Cara termudah untuk membangun Situs Web mobile Anda adalah memodifikasi situs web yang ada agar kompatibel untuk handset mobile. Jika Anda memutuskan untuk melakukannya, maka akan ada perubahan besar dalam hal tata letak, desain dan konstruksi.

Berikut adalah beberapa prinsip tentang desain web mobile yang harus Anda perhatikan sebelum melanjutkan untuk membangunnya:

  • Situs Anda harus menggunakan CSS dalam penerapan tata letak untuk memastikan kompatibilitas maksimum. Hindari menggunakan tabel.
  • Sangat mudah jika situs Anda dikodekan baik menggunakan XML atau XHTML, dengan pengkodean karakter disarankan tetap menggunakan UTF-8.
  • Anda harus mempertimbangkan bahwa perangkat mobile yang berbeda memiliki ukuran layar yang berbeda. Selalu ingat konsep tata letak “fluid” dalam rancang bangun web mobile.
  • Jangan lupa untuk menempatkan semua informasi yang paling penting ketika pengguna ponsel melihat bagian atas halaman seperti pencarian situs dan navigasi. Usahakan membuat desain situs mobile yang nyaman bagi konsumen Anda.
  • Desain untuk jari. Klik target harus minimal berukuran 30-40px dan menggunakan spasi di antara unsur-unsur untuk memudahkan kemampuan klik.
  • Hindari gambar latar belakang … karena dapat mengurangi pembacaan dalam kondisi pencahayaan tertentu. Menggabungkan gambar yang lebih kecil, seperti ikon, ke dalam satu file dan menggunakan css untuk penggunaannya. Hal ini akan membantu mengurangi beban load yang besar sehingga proses tampilan akan lebih cepat. Terakhir, kurangi ukuran gambar (kompresi) dan kecilkan file-file javascript.
  • Form bisa sulit untuk digunakan pada perangkat mobile. Karena teks akan memakan waktu untuk dapat masuk saat disubmit, alternatif lain adalah penggunaan tombol radio dan daftar (checklist), yang dapat lebih mudah dipilih. Posisi label di atas dan tidak sejajar disebelah kiri untuk menghemat ruang. Ingat! Kebanyakan browser mobile tidak mendukung plugin atau ekstensi.
  • Terakhir, “kurang lebih” berlaku untuk desain ponsel. Hindari menggunakan grafis yang tidak perlu.

Kesimpulan

Seperti yang Anda lihat, ada banyak yang perlu dipertimbangkan ketika merancang dan membangun sebuah situs web mobile. Prinsip-prinsip desain ponsel berbeda jika dibandingkan desain situs web konvensional. Jika Anda tidak memiliki waktu atau kesabaran untuk mempelajari praktek coding yang baru, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan jasa web designer yang mengkhususkan dalam desain situs web mobile.

Jasa Desain Situs Web Mobile

Di Web Design Jakarta, tim pengembang web dan web designer kami sepenuhnya mampu membangun dan merancang sebuah versi mobile yang sangat penting bagi aset online Anda.
Jika saat ini Anda tidak memiliki situs web mobile, Anda berpotensi kehilangan potensi konsumen produk / bisnis Anda.
Hubungi +6281807253955 atau hubungi kami secara online hari ini untuk mulai merancang situs web mobile baru Anda.

Berpengalaman lebih dari 11 tahun dalam bidang IT serta terlibat dalam beberapa training dan proyek IT di beberapa perusahaan, institusi pendidikan, dan institusi pemerintahan, seperti: Indofarma Tbk, Telkom Divre I Medan, Rumah Sakit Haji Pondok Gede Jakarta, TRAC (Toyota Astra Rent A Car) Jakarta, DEKOPIN (Dewan Koperasi Indonesia), SETWAPRES (Sekretariat Wakil Presiden) Republik Indonesia, IBM ASMI, dan masih banyak lagi.

Bambang Sugiarto Lihat semua catatan Bambang Sugiarto
Website Bambang | Twitter | Facebook | LinkedIn

Related Articles

6 Komentar sejauh ini.

  1. Rini says:

    wah sekarang teknologi informasi berkembang sangat pesat hmmm
    makasih pak infonya :)
    saya masih baru di dunia blogger hehehe

  2. heri jaya says:

    iya gan,, tapi ane ga jago css… klo di blogspot gimana ya ambil datanya biar bisa di bikinin sendiri situs mobile

  3. i wayan muliawan says:

    mantap ilmunya gan! sukses selalu.

  4. deny says:

    Saya memakai template untuk web saya tapi gak responsive di hp manapun. Mohon pencerahannya. trims

  5. Sepatu Murah says:

    Mas, website saya ini menggunakan blogspot. berapa harganya ya kalau mau lebih bagus tampilannya. kayak website abang ini..? berapa harganya buat online shop dari blogspot disini? makasih.

  6. Sepatu Casual says:

    Terima kasih infonya gan sungguh sangat bermanfaat sekali untuk kemanpuan saya untuk mengolah blog!!!