3

Bagian Utama dalam Web Design

Ditulis tanggal 19 November 2014 didalam kategori Web Design dengan tag jakarta, web design, Website oleh Bambang Sugiarto

Web Design adalah sumber dari teknologi online modern saat ini. Web design berfungsi sebagai kekuatan pendorong di belakang semua produk utama dan layanan online yang tersedia. Web Design pada intinya adalah mengenai pemasaran produk atau jasa sedemikian rupa sehingga orang tidak hanya menyukainya, namun juga memahaminya.

Web design terdiri dari 2 bagian utama, yaitu: desain front-end dan desain back-end. Desain Front-end adalah semua hal meliputi tampilan website. Bagaimana Anda merancang antarmuka situs web Anda, pilihan warna yang Anda buat, tampilan teks, link di website. Semuanya adalah bagian dari desain front-end dari proses web design. Back-end meliputi rancangan navigasi situs, keamanan situs, transaksi data dan konektivitas dari situs ke server. Jika desain front-end sangat penting untuk pemasaran, merancang back-end juga tidak kalah penting untuk fungsionalitas dan keamanan dari setiap situs web.

Kedua bagian perancangan tersebut harus disiapkan secara hati-hati karena jika salah satu bagian rusak/salah, maka akan membuat keseluruhan website rusak. Merancang website biasanya dilakukan dengan menggunakan beberapa bahasa pemrograman. Dahulu dengan HTML biasa sudah cukup. Namun, saat ini banyak bahasa pemrograman website yang mudah dan canggih yang tersedia sehingga memungkinkan merancang website dinamis dan multifungsi dalam waktu cepat.

Anda dapat belajar web design melalui sumber-sumber online gratis. Sebagian besar menawarkannya secara gratis dan mudah. Namun, website profesional dirancang menggunakan bahasa canggih seperti PHP, C dan Dot Net. Bahasa pemrograman tingkat lanjut membutuhkan pengetahuan bahasa pemrograman yang harus selalu diperbaharui dari waktu ke waktu.

Selain itu, Anda dapat mengikuti program sertifikasi untuk menjadi seorang web designer. Program sertifikasi sangat beragam, dari yang program singkat satu bulan hingga tiga tahun. Setelah Anda memiliki sertifikat programmer atau web design, Anda dapat mengambil proyek-proyek individu sebagai seorang freelancer atau bekerja dengan perusahaan online untuk mendapatkan pengalaman. Bahkan jika Anda ingin menjalankan usaha Anda sendiri, ada banyak situs gratis yang dapat membantu Anda mempublikasikannya.

Saat ini, hampir setiap bisnis bersifat online atau akan online. Baik itu produsen komputer atau toko kelontong, semua orang ingin menjual produknya secara online, mudah, sederhana dan membawa lebih banyak pelanggan. Oleh karena itu, ruang lingkup masa depan web design semakin besar dan cerah.

Berpengalaman lebih dari 11 tahun dalam bidang IT serta terlibat dalam beberapa training dan proyek IT di beberapa perusahaan, institusi pendidikan, dan institusi pemerintahan, seperti: Indofarma Tbk, Telkom Divre I Medan, Rumah Sakit Haji Pondok Gede Jakarta, TRAC (Toyota Astra Rent A Car) Jakarta, DEKOPIN (Dewan Koperasi Indonesia), SETWAPRES (Sekretariat Wakil Presiden) Republik Indonesia, IBM ASMI, dan masih banyak lagi.

Bambang Sugiarto Lihat semua catatan Bambang Sugiarto
Website Bambang | Twitter | Facebook | LinkedIn

Related Articles

3 Komentar sejauh ini.

  1. Rudi SLT says:

    Pengennnnn bisa jadi web programmer…. :o

  2. supratikno007 says:

    thanks mas..infonya membantu banget….

  3. Nani Sulistianingsih » Desain Web says:

    […] http://www.satublogs.com/web-design/bagian-utama-dalam-web-design.html […]