9

Software untuk Web Design

Ditulis tanggal 17 November 2010 didalam kategori Web Design dengan tag Aplikasi, blog, web design, Website oleh Bambang Sugiarto

Banyak sekali software web design yang bisa digunakan. Mulai dari yang open source, gratis, hingga yang bernilai ratusan dollar. Software mana yang paling pas untuk membuat sebuah web design yang cantik. Software apa saja itu? Kita akan coba bahas satu-persatu software untuk web design tersebut.

Software Graphic Design

Para web designer senior menyarankan untuk menggunakan aplikasi grafis yang populer saat mendesain web. Alasannya adalah ada banyak komunitas designer yang juga menggunakannya sehingga berbagi pengalaman dan pemecahan masalah menjadi lebih cepat dan mudah ketimbang menggunakan aplikasi yang tidak populer. Tutorial yang ada untuk aplikasi grafis yang populer juga lebih banyak sehingga Anda dapat menjadi lebih banyak berkreasi sesuai dengan kebutuhan desain Anda. Untuk urusan mengolah gambar pilihan utama saya adalah Adobe Photoshop. Tidak ada istilah tawar menawar lagi untuk menggantikan aplikasi yang hebat, canggih, dan populer ini.

Web Design / Text Editor

Software pada kategori ini hanya bertugas untuk mengolah skrip HTML, CSS, PHP, atau JavaScript yang hanya terdiri dari teks. Jadi sebenarnya gak perlu software berat yang ribet-ribet amat. Hanya dengan Notepad bawaan Windows sebenarnya sudah bisa, tapi menggunakan aplikasi yang bukan dibuat untuk web design editor tentu ada kekurangannya.

Salah satu web design editor populer adalah Adobe Dreamweaver (dulu bernama Macromedia Dreamweaver). Web editor ini juga menggunakan sistem WYSIWYG (What You See Is What You Get). Jadi desain web yang Anda lihat pada Adobe Dreamweaver itulah yang akan Anda lihat pada browser. Selain fitur membedakan warna (syntax coloring) terdapat juga berbagai fasilitas lain yang banyak membantu seorang web designer.

Web Server

Aplikasi Web Server ini Anda butuhkan jika website Anda menggunakan bahasa pemrograman selain HTML. Misalnya PHP atau ASP. Tugas aplikasi ini adalah mensimulasikan komputer kita menjadi sebuah server situs web lokal. Jadi untuk mengetes tampilan website/blog yang kita buat tidak perlu menggunakan koneksi internet betulan. Caranya cukup dengan mengakses alamat standar website/blog kita yaitu http://localhost/.

Untuk CMS blog seperti WordPress yang menggunakan bahasa PHP & MySQL, ada begitu banyak aplikasi web server. Namun pilihan saya hingga saat ini adalah XAMPP. Kestabilan, tampilan, serta kompatibilitas XAMPP sudah tidak meragukan lagi. Keuntungan yang jelas dengan menggunakan web server lokal adalah biaya koneksi Internet yang tidak diperlukan bisa ditekan. Karena pengerjaan desain website/blog sepenuhnya dilakukan dikomputer kita tapi kondisinya seolah-olah sedang online di Internet.

Berpengalaman lebih dari 11 tahun dalam bidang IT serta terlibat dalam beberapa training dan proyek IT di beberapa perusahaan, institusi pendidikan, dan institusi pemerintahan, seperti: Indofarma Tbk, Telkom Divre I Medan, Rumah Sakit Haji Pondok Gede Jakarta, TRAC (Toyota Astra Rent A Car) Jakarta, DEKOPIN (Dewan Koperasi Indonesia), SETWAPRES (Sekretariat Wakil Presiden) Republik Indonesia, IBM ASMI, dan masih banyak lagi.

Bambang Sugiarto Lihat semua catatan Bambang Sugiarto
Website Bambang | Twitter | Facebook | LinkedIn

Related Articles

9 Komentar sejauh ini.

  1. Nataniel David Tektanto says:

    infonya bagus dan bermanfaat bagi perkembangan website saya

  2. silvi says:

    ass.wr.wb
    5af… sya cma mau tanya.
    hal-hal yang perlu di perhatikan dari pembuatan s’buah website tu pa ja..?
    maklum sya bru mlai ingin membuat website.

    maksih
    ass.wr.wb

    • http://www.satublogs.com/web-design/5-step-in-web-design-process-to-make-websites-part-1.html
      http://www.satublogs.com/web-design/bagian-utama-dalam-web-design.html

  3. greenbel says:

    Kenapa sulit sekali mencari padanan aplikasi untuk linux yah? :(
    pengganti adobe dreamweaver di linux apa yah?

  4. ria says:

    adobe photoshop yg paling digunakan saat ini apa ya?
    maaf saya ingin mulai mencoba

  5. sora says:

    CS5, CS5 Extended

  6. dollar says:

    ifnormasi yang bagus dan mendidik..

  7. Aal says:

    klaw membuat web gratisan dengan menggunakan blogger.com atau wordpress.com, maka web kita akan berextensi .blogger.com atau .wordpres.com

    bagaimna caranya klw kita ingin membuat web yang berextensi .com , .co.id , .ac.id dan lain sebagainya ????

    mohon jawabannya